Tugas Kerasulan Muhammad SAW

Sabtu pagi, bersamaan dengan Peringatan hari Kartini 21 April 2018 segenap karyawan KSPPS BMT BIMA mengikuti Kajian Sabtu Pagi (ANTUP) yang dilaksanakan dua mingguan. Dan untuk kesempatan pagi hari ini, Bapak Abdul Hadi Nashir selaku pimpinan memberikan materi kajian tentang “Tugas Kerasulan Nabi Muhammad SAW.”

Nami Muhammad diangkat menjadi Rasulullah setelah kira-kira 600 tahun Allah tidak mengirimkan Rasul-Nya untuk seluruh ummat manusia. Hingga akhirnya Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasulu terakhir yang memiliki beberapa tugas pokok kerasulan, di antaranya :

  1. Menyempurnakan akhlaq
    Meliputi akhlaq kepada Allah, Rasulullah, orang tua, sesama, kehidupan bermasyarakat serta akhlaq terhadap diri sendiri.
  2. Membawa banyak hikmah
    Setiap ajaran yang dituntunkan Rasulullah kepada ummatnya selalu mengandung banyak hikmah. Walaupun seperti memberatkan maupun tidak masuk akal. Namun seiring dengan perjalanan waktu, secara bertahap akan menemukan hikmah dari segenap ajaran Rasulullah. Semakin hari hikmah tersebut semakin banyak, serta membawa manfaat khususnya bagi ummat itu sendiri.
  3. Diutus untuk membawa rahmat bagi seluruh alam
    Dengan diutusnya Rasulullah Muhammad SAW, maka seluruh alam raya dan seisinya akan mendapatkan dan merasakan kenikmatan ALLAH SWT secara adil dan merata.
  4. Diutus sebagai qosiman/membagi (hak dan kewajiban)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *