Seminar Manajemen Masjid

Hari ini Sabtu pagi tanggal 7 Januari 2017, mengawali aktivitas di minggu pertama awal tahun 2017 KSPPS BMT BIMA Muntilan menggandeng Takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Manajemen Masjid dalam rangka peringatan hari jadi BMT BIMA yang ke-22. Acara yang berlangsung di lantai tiga gedung pusat KSPPS BMT BIMA tersebut diikuti oleh beberapa takmir masjid di lingkungan Kantor Cabang BMT BIMA yang tersebar di wilayah Magelang juga Sleman. Acara yang dihadiri oleh sedikitnya 100 orang takmir masjid tersebut akan membahas (berbagi pengalaman) tentang manajemen masjid yang telah dilaksanakan oleh Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang mana takmir masjid di sana sudah dapat mengembalikan fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat (sarana) ibadah saja, melainkan juga sebagai sarana sosial.

Turut hadir dari Takmir Masjid Jogokariyan Ustadz H. M. Jazir ASP yang akan memberikan materi seminar tersebut. Dimulai dengan sejarah singkat Masjid Jogokariyan hingga bagaimana dapat menggerakkan jamaah shalat shubuh yang dipenuhi dengan jamaah. Ustadz H. M. Jazir ASP juga membeberkan sekaligus memberikan tips supaya dana infak selalu terkumpul dalam jumlah yang banyak, namun selalu menyisakan nol rupiah, dalam artian seluruh dana infak masjid selalu langsung dibelanjakan di jalan yang benar.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan dalam seminar kali ini dalam tujuannya menghidupkan masjid. Diantara beberapa poin tersebut adalah :
1. Mengundang jamaah ke masjid dengan penuh hormat.
2. Gerakan infak selalu tersisa nol rupiah.
3. Gerakan jamaah mandiri.
4. Makna penting dokumentasi.
5. Program skenario planning.

Tak ketinggalan juga Ustadz Abdul Hadi Nashir selaku Direktur BMT BIMA memberikan pemahaman tentang fungsi masjid sebagaimana yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Harapan penyelenggara, setelah para takmir masjid mengikuti seminar singkat tentang manajemen masjid ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi utama masjid yang bukan hanya sebagai tempat ibadah saja. Dan tentu saja, masjid adalah rumah kita, tempat kita yang harus senantiasa kita jaga dan kita hidupkan dengan sebaik-baiknya.

(agness)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *