RAT KSPPS BMT BIMA KE XXIV Tutup Buku Tahun 2019

MAGELANG-Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXIV  Tutup Buku Tahun Buku 2019,  Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Bina Insan Mulia (KSPPS BMT BIMA) dibuka oleh Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Rully Nuryanto SE di Hotel Atria Magelang, Sabtu (7/3).  Deputi Bidang Kelembagan dalam sambutannya mengimbau koperasi merangkul anak-anak muda sebagai kaum milenial. Pasalnya koperasi dianggap badan usaha yang ketinggalan jaman.”Kami harap koperasi dapat menjadi salah satu badan usaha yang diminati anak-anak muda apalagi koperasi memiliki anggota seperti halnya sebuah komunitas,”ujarnya.

Beliau mengingatkan supaya koperasi juga harus meningkatkan pelayanannya dengan pemanfaatan teknologi informasi. “Koperasi harus mampu memanfaatkan teknologi informasi sehingga akan lebih efisien dan menjangkau sasaran yang lebih luas,”tambahnya.

Pada acara pembukaan ditutup  dengan penyerahan sebagian bagi hasil dari program Simpanan Berjangka Inovatif (SBI) berupa 1 unit sepeda motor Honda Vario 150. SBI merupakan simpanan berjangka waktu 2 tahun yang sebagian bagi hasilnya dapat diterima di awal  investasi.

Ketua KSPPS BMT BIMA, Abdul Hadi Nashir menyampaikan, pada usia 25 tahun ini, BMT BIMA telah menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan dengan sistem syariah (berdasarkan revolving fund) sebesar Rp639.644.521.979  kepada anggota untuk berbagai sektor usaha yang tergolong usaha mikro, kecil dan menengah.

Selain aktivitas yang bersifat profit oriented, BMT BIMA juga bergerak di bidang sosial melalui Baitul Maal BIMA dengan menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat untuk disalurkan di berbagai aktivitas, seperti pembiayaan kebajikan (Qordhul hasan) untuk dhuafa, beasiswa, aksi tanggap bencana, khitanan massal, ambulance murah dan pemberdayaan anggota untuk peningkatan ekonomi.

Dalam  RAT BMT BIMA tahun ini juga dilakukan disosialisasikan program digital BIMA seperti : BIMA Online, BIMA Payment, BIMA Mobile dan BIMA Collector sebagai upaya untuk mempermudah anggota dalam melakukan transaksi di BMT BIMA.

Pada RAT kali ini, juga dilaunching program baru diantaranya BMT BIMA Penyedia Riyal,  dimana BMT BIMA menyediakan penukaran uang Riyal kepada anggota yang membutuhkan. Selain itu juga dilaunching program Gerobag Cinta Sedekah yang dikelola oleh Baitul Maal BIMA dimana melalui program ini umat muslim diajak untuk bersedekah melalui gerobak yang disediakan oleh Baitul Maal Bima di masjid-masjid tertentu yang berisi sedekah makanan / minuman untuk jamaah salat Jumat.”Dengan berbagai fasilitas dan program yang terus dikembangkan, diharapkan BMT BIMA semakin  dapat meningkatkan pelayanan serta perannya dalam mengemban amanah dan mengembangkan ekonomi ummat,”kata Ketua Pengurus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kami