Gedung Baru Harapan Baru untuk Memajukan Perekonomian Ummat

Ada yang berbeda dari hari-hari biasanya pada Sabtu pagi, 11 April 2015 di jalan Pemuda Barat Muntilan. Di jalanan tersebut berdiri berderet-deret gedung perbankan. Dan satu di antaranya adalah gedung baru Kantor Jasa Keuangan Syariah BMT Bina Insan Mulia (BIMA) yang secara resmi pada pagi itu diresmikan. Praktis, gedung yang bernuansa go green tersebut menggantikan gedung lama yang terletak di jalan klangon.

Satu-persatu tamu undangan hadir untuk mengikuti jalannya acara peresmian gedung tiga lantai tersebut. Dengan didominasi warna biru dan kuning, gedung baru BMT BIMA terlihat megah berdiri bersamaan dengan gedung-gedung yang lain.

Acara yang dihadiri dan diresmikan oleh Deputi Menteri Bidang Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM Ir. H. Chairul Djamhari, PhD tersebut diharapkan membawa perubahan yang lebih baik. Karena ternyata BMT yang berbadan hukum koperasi mampu bersaing dengan bank-bank besar yang lain. Beliau juga mendorong agar Baitul Maal wa Tamwil (BMT) menyusun visi dan misi yang simple namun menjadi arah dan pedoman pengembangan BMT dalam jangka panjang.

Masih menurut beliau, jumlah BMT dan lembaga keuangan syariah di Indonesia itu mencapai 3.600-3.900. Namun tak banyak diketahui pasti jumlah BMT aktif karena ada beberapa yang sekedar memiliki nama dan tidak menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai laporan pertanggungjawaban secara rutin.

“Meskipun menggarap masyarakat (sektor) kecil namun aset BMT Bima mencapai Rp 87 milyar. Ini membuktikan lembaga keuangan Islam bisa tumbuh dan bahkan berkembang pesat di Indonesia,” Chairul Djamhari menambahlan seusai meresmikan gedung kantor pusat baru BMT Bima yang beralamat di Jalan Pemuda Muntilan. Disebutkan pula ada tiga kunci sukses pengelolaan BMT. Yakni kompetensi pengurus, struktur modal yang bagus serta mampu membangun struktur usaha organisasi BMT yang sehat.

Kemudian Direktur KJKS BMT Bima Abdul Hadi Nashir menjelaskan bahwa lembaganya ini berhasil memeroleh sertifikat sehat dari Kementrian Koperas tiga tahun berturut-turut. Ini karena BMT Bima berkomitmen tinggi pada rakyat kecil. BMT BIMA juga setiap bulan mengirimkan laporan kepada Kemenkop sehingga dapat langsung dibaca dan dianalisa. Dan hingga akhirnya pada Bulan November tahun 2014 BMT BIMA mendapatkan 3 besar nominasi dan menjadi Koperasi terbaik tingkat nasional.

Wakil bupati Magelang Zaenal Arifin, SH yang juga hadir mengaku mengapresiasi kinerja BMT Bima yang bisa menjadi terbaik tingkat nasional. Prestasi tersebut dinilai menjadi kebanggaan masyarakat Magelang.

Dan akhir kata, syukur alhamdulillah kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita semua. Dan tak lupa saya ucapkan selamat atas peresmian gedung baru tiga lantai tersebut.

(Ilman-Muntilan)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *